Oleh : Administrator, 346 View

UPPKS adalah program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga yang dikembangkan melalui usaha ekonomi mikro dengan sasaran keluarga, khusus nya keluarga Pra-Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I. Sasaran UPPKS adalah peserta KB, pasangan usia subur khususnya Keluarga Pra Sejahtera (KPS) dan Keluarga Sejahtera I (KS I).

Pembangunan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah secara normatif bertujuan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan BKKBN telah melakukan kegiatan yang khususnya ditujukan untuk keluarga akseptor KB agar mereka dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik. Para keluarga akseptor diberikan berbagai insentif atas prestasi masyarakat pedesaan dalam kesertaan ber – KB. Salah satu program BKKBN untuk meningkatkan ekonomi keluarga terutama mereka yang tidak mampu (pra sejahtera) dengan menggalakkan program kelompok UPPKS (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) di masyarakat.

Menurut BKKBN bahwa setelah melalui berbagai perjuangan untuk membawa keluarga menyadari pentingnya membangun keluarga kecil (yang bertanggung jawab, bahagia dan sejahtera), Perjuangan itu tidak berhenti sampai di situ saja. Akan tetapi masyarakat yang kuat, terbentuk dari keluarga sebagai unit terkecil yang maju dan sejahtera. BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah telah mempelopori program peningkatan kesejahteraan keluarga agar keluarga-keluarga terutama yang kurang beruntung, dapat terangkat dan menikmati hasil pembangunan, sehingga bisa berperan serta dalam membangun negara Indonesia yang lebih baik.

Tujuan pemerintah untuk menyelenggarakan program keluarga berencana adalah agar keluarga kecil yang terbentuk dapat meningkatkan kualitasnya serta hidup layak dan sejahtera. Upaya yang dilakukan secara langsung adalah memberi kesempatan kepada masyarakat, terutama keluarga miskin, untuk meningkatkan tahapan kesejahteraan mereka melalui pemberdayaan ekonomi keluarga.

Definisi UPPKS itu sendiri adalah adalah kelompok usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota keluarga akseptor yang saling berinteraksi dalam rangka meningkatkan fungsi ekonomi keluarganya demi mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga.

Pemberdayaan Ekonomi Keluarga merupakan kegiatan pembinaan ketahanan untuk memperkuat fungsi ekonomi Keluarga demi meningkatkan kesejahteraan Keluarga, mendukung penghapusan kemiskinan dan memperkuat/memantapkan pelaksanaan Program Bangga Kencana. Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (Kelompok UPPKS) adalah usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan anggota Keluarga Akseptor yang saling berinteraksi dalam rangka meningkatkan fungsi ekonomi Keluarganya demi mewujudkan kemandirian ekonomi Keluarga.

Pengelolaan Kelompok UPPKS bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan pengelola Kelompok UPPKS dalam meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan Keluarga melalui usaha mikro Keluarga.

 UPPKS diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga yang kemudian akan memperbaiki kesejahteraan, baik dari keluarga peserta KB yang bersangkutan maupun dari seluruh anggota kelompoknya. Dengan peningkatan kesejahteraan tersebut, diharapkan kesertaan dan kesinambungan ber- KB secara tidak langsung dapat ditingkatkan. Perkembangan suatu kelompok sangat dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor dalam kelompok itu sendiri yang lebih lazim disebut sebagai dinamika kelompok yang dapat dipantau, dan dikembangkan melalui pertemuan dan sarasehan antara anggota kelompok tersebut.

Untuk membantu kelompok UPPKS lebih berkembang dan mempunyai arti bagi kesejahteraan maka dibentuklah Andalan Kelompok UPPKS (AKU) yang sifatnya organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang perekonomian mikro, bersifat mandiri dan independen yang telah menjadi salah satu mitra BKKBN dalam mendukung program pemberdayaan ekonomi keluarga. AKU menjadi wadah untuk menghimpun potensi dan daya saing kelompok UPPKS. Selain itu, membantu dan menjembatani kelompok UPPKS dalam mendapatkan akses modal, akses pasar dan akses informasi.

Dengan adanya organisasi AKU, untuk pemberdayaan kelompok UPPKS ini akan fokus menitikberatkan kegiatannya pada 3 hal, yaitu aspek penguatan kapasitas usaha melalui training dan bimtek tentang aspek manajemen, keuangan, teknis produksi dan operasi, aspek permodalan, aspek pemasaran, baik yg bersifat konvensional maupun berbasis digital,

Kabupaten Semarang sudah terbentuk Badan Pengurus Cabang Andalan Kelompok UPPKS ( BPC AKU ) Tahun 2019 – 2022,  diharapkan bisa menjadi langkah untuk membuat UPPKS bisa lebih maju dalam meningkatkan kesejahteraan kelompok UPPKS dan dapat memberikan manfaat yang besar untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia khususnya Pasangan Usia Subur yang ber-KB yang tergabung dalam kelompok UPPKS serta dapat membantu pemerintah Kabupaten Semarang dalam upaya mempercepat pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi keluarga.


Jumat, 21 Mei 2021, 13:26:14 WIB Penyerahan MOU Bank Jateng Cab. Ungaran

Dalam rangka meningkatkan produktivitas WarungAKU, Dinas Pemberdayaan  Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Semarang...


Jumat, 21 Mei 2021, 13:50:28 WIB Launching WarungAKU dan WEB UPPKS oleh Wakil Bupati Semarang

Sebagai langkah inovasi untuk meningkatkan pendapatan UPPKS dan pengembangan produknya perlu memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang...